Malam tirakatan menjadi salah satu tradisi unik perayaan HUT RI ke 78 yang kerap digelar di semua kalangan masyarakat

Budaya472 Dilihat

Surabaya,beritanews9.com || Acara malam tirakatan 17 Agustus 2023 ini dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta seluruh warga Kendung Rejo khususnya RT 02 RW 08 kelurahan Sememi Kecamatan Benowo Surabaya, malam tirakatan 17 Agustus biasanya berisi berbagai kegiatan seperti doa bersama, mendengarkan cerita sejarah, hingga pentas seni.

Selain itu, malam tirakatan juga dapat dijadikan sebagai momen penyerahan hadiah dari berbagai lomba 17 Agustus yang telah dilakukan sebelumnya. Malam Tirakatan secara harfiah berasal dari bahasa Arab thariqat-thariq yang berarti jalan.

Secara definitif, thariqat berarti suatu proses perjalanan mencari kebenaran atau mencari jalan yang benar. Maka dapat diartikan Thariqat atau Tirakat adalah pencarian nilai-nilai kebenaran berupa nilai spirit perjuangan.

Seperti halnya yang dilakukan para pejuang dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Tradisi perayaan HUT RI untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bagi seluruh rakyat indonesia

Malam tirakatan hakikatnya adalah soal perenungan, untuk menjadi yang lebih baik lagi di kemudian hari. Malam Tirakatan merupakan wahana refleksi diri memaknai Hari Kemerdekaan RI

Malam tirakatan juga dimaknai sebagai bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Berkat hal tersebut, saat ini masyarakat dapat berkumpul.

Selain mensyukuri kemerdekaan, tirakatan juga dimaknai sebagai momen untuk mendoakan para tokoh pahlawan yang gugur di masa sebelum hingga kemerdekaan. Tradisi unik 17 Agustus ini juga digunakan sebagai ajang silaturahmi bagi seluruh warga desa.       ( ahot )